THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 11 November 2009

SILABUS

SILABUS
Sekolah : S M P
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

1.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang
baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)







Sepak Bola



























Bola Voli












Bola Basket




• Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi

















• Passing atas dan bawah dalam bola volisecara berpasangan atau kelompok

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi




• Passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan Psikomotor

• Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Kognisi

• Mengetahui bentuk-bentuk mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki

Afeksi

• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok












Psikomotor
• Melakukan passing atas
• Melakukan passing bawah
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk pasing dalam permainan bolavoli
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok



Psikomotor
• Melakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)
• Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi

• Mengetahui bentuk –bentuk pasing dalam permainan bolabasket

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok





Tes








Tes




Tes














Tes




Tes




Tes



Tes

Tes keterampilan (un juk kerja)






Tes tertulis/lisan



Tes sikap.














Tes keteram- pilan (unjuk kerja)


Tes tertulis/lisan



Tes sikap



Tes kete- rampilan




Tes tertulis/lisan




Tes sikap

Lakukan mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki

Lembar soal terlampir


Lembar Observ.















Lakukan passing atas dan bawah





Lembar soal terlampir



Lembar Observ.



Lakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)




Lembar soal terlampir


Lembar Observ.


4x40
menit
Buku teks,
Buku refernsi, bolavoli,bola kaki,bolabasket,net,lapangan.



1.2. Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola keci lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

Bulu Tangkis










Soft Ball










Tenis Meja













Tennis











• Memegang raket, pukulan servis danpukulan forehand, berpasangan atau kelompok

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi




• Menangkap dan melempar bola,berpasangan atau kelom-pok

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan percaya diri



• Memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand,berpas angan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi







• Memegang raket dan pukulan forehand, berpasangan atau-kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama
Psikomotor
• Memegang raket untuk servis dan pukulan forehand
• Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk cara memegang
raket untuk servis dan pukulan forehand
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok


Psikomotor
• Memgang bat untuk servis dan pukulan forehand
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk servis dan pukulan forehand
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok


Psikomotor
• Memegang bet untuk servis dan pukulan forehand
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk memegang bet dan pukulan forehand
Afeksi

• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok



Psikomotor
• Memegang raket dan pukulan forehand
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk memegang raket dan pukulan forehand

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Tes




Tes



Tes


Tes




Tes







Tes



Tes



Tes




Tes



Tes



Tes

Tes keterampi
lan



Tes tertulis/lisan


Tes sikap


Tes keteram pilan (unjuk kerja)


Tes tertulis/lisan

Tes sikap




Tes keterampi
lan


Tes tertulis/lisan


Tes sikap




Tes keterampi
Lan


Tes tertulis/lisan


Tes sikap


Lakukan memegang raket, servis, pukulan forehand


Lembar soal terlampir



Lembar Observ.


Lakukan menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir)

Lembar soal terlampir


Lembar Observ.



Lakukan memgang bat untuk servis dan pukulan forehand


Lembar soal terlampir



Lembar Observ.




Lakukan memegang raket, pukulan forehand



Lembar soal terlampir



Lembar Observ.

4x40
menit
Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis,soft-ball,tenis me-ja,tennis,lap-angan,net,ra-ket,bat,bola,
lapangan






















1.3. Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

Lari Jarak Pendek 50M








Lompat Jauh Gaya Jongkok









Tolak Peluru Awalan Menyam- ping









Lempar Cakram Awalan Menyam- ping


• Berlari dengan menekankan pa da gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan telapak kaki

• Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi





• Menolak tanpa awalan,posisi di di udara dan mendarat

• Lomba lompat jauh dengan per-aturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya diri dan keberanian






• Posisi awalan, memegang dan
menolak peluru
• Lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi un- tuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan orang lain






• Posisi awalan,memegang dan melempar cakram
• Lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan orang lain
Psikomotor
• Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan, posisis badan, pendaratan telapak kaki)
• Lomba lari dg peraturan yang dimodifikasi

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lari
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok


Psikomotor
• Melakukan teknik dasar menolak tanpa awalan, di udara dan mendarat
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lompat jauh gaya jongkok
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok




Psikomotor
• Melakukan posisi awalan
• Melakukan teknik dasar memegang peluru dan menolak
• Melakukan lomba menolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar tolak peluru
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok



Psikomotor
• Melakukan posisi awalan
• Melakukan teknik dasar memegang dan melempar cakram
• Melakukan lomba lempar cakram dengan peratu ran yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lempar cakram
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Tes





Tes


Tes



Tes



Tes


Tes




Tes






Tes


Tes




Tes






Tes


Tes


Tes keterampi
lan




Tes tertulis/lisan

Tes sikap



Tes keterampi
lan


Tes tertulis/lisan

Tes sikap




Tes keterampi
lan





Tes tertulis/lisan

Tes sikap.




Tes keterampi
lan




Tes tertulis/lisan


Tes sikap.
Lakukan tes lari jarak 50 m menekankan pada(gerakan kaki, lengan, posisis badan, pendaratan telapak kaki)

Lembar soal terlampir

Lembar Observ.



Lakukan lompat jauh menekankan pada awalan,posisi di di udara dan mendarat

Lembar soal terlampir

Lembar Observ.




Lakukan tolak peluru awalan menyamping





Lembar soal terlampir


Lembar Observ.




Lakukan lemparcakram awalan menyamping



Lembar soal terlampir



Lembar Observ.




2x40
menit
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,st- art block,pe- luru,cakram, lembing (ya- ng dimodifi – kasi )


1.4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olah raga bela dirianjutan dengan dengan koordinasi baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri **)


Pencak Silat










Karate









Judo







• Melakukan dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah
• Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati lawan



• Melakukan teknik dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah
• Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati law-an

• Melakukan teknik dasar langkah
dan jatuhan

• Merangkai teknik langkah dan jatuhan untuk menanamkan ni- lai keberanian dan menghormati lawan
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar kuda-kuda
• Melakukan teknik dasar langkah
• Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok


Psikomotor
• Melakukan teknik dasar kuda-kuda dan langkah
• Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok


Psikomotor
• Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan
• Merangkai teknik dasar langkah dan jatuhan

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar langkah dan jatuhan

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok



Tes




Tes



Tes


Tes



Tes


Tes



Tes




Tes




Tes

Tes keterampi
lan



Tes tertulis/lisan


Tes sikap


Tes kete- rampilan


Tes tertulis/lisan

Tes sikap



Tes kete- rampilan



Tes tertulis/lisan



Tes sikap


Lakukan kuda-ku kuda,langkah, dan gerak rangkai


Lembar soal terlampir



Lembar Observ.


Lakukan teknik dasar kuda- kuda,langkah, dan gerak rangkai

Lembar soal terlampir



Lembar Observ


Lakukan teknik dasar langkah, jatuhan, dan gerak rakrangkai



Lembar soal terlampir



Lembar Observ

2x40
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,pe-lindung ba- dan,matras



Standar Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

2.1. Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan day atahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab







2.2. Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru, serta nilai disiplin dan tanggungjawab


Kebugaran Jasmani
• Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penana- man disiplin dan tanggung jawab
• Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penenaman nilai keberanian dan tanggung jawab



• Latihan lari jarak menengah atau lari 12 menit dan untuk menanamkan nilai disiplin dan tang gung jawab





Psikomotor
• Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki
• Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki lengan, bahu dan dada
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan tanggung jawab

Psikomotor
• Melakukan bentuk latihan kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah atau lari 12 menit
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan daya tahan jantung dan paru-paru
Afeksi

• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan tanggung jawab




Tes




Tes




Tes



Tes


Tes




Tes


Tes kete- rampilan



Tertulis/lisan




Tes sikap



Tes kete- rampilan

Tertulis/lisan




Tes sikap

Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot lengan dan kaki


Lembar soal terlampir




Lembar Observ




Lakukan tes kesegaran jasmani (TKJI)

Lembar soal terlampir



Lembar Observ


2x40
menit
Buku teks, buku refe-
rensi,matras






Standar Kompetensi : 3. Mempraktikan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

3.1. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggungjawab





3.2. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab
Senam Dasar













Senam Dasar









• Berdiri dengan satu kaki,melompat menggunakan satu kaki dan berjalan pada titian dan untuk menanamkan nilai keberanian









• Melakukan sikap lilin,berdiri dengan tangan dan dahi secara berpasangan atau kelompok untuk menanmkan nilai keberanian dan tanggung jawab
Psikomotor
• Berdiri dengan satu kaki dari sikap jongkok
• Melompat menggunakan satu kaki
• Berjalan pada titian yang dipasang melintang (bangku senam)
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan bertumpu pada kaki satu
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan keberanian



Psikomotor
• Melakukan sikap lilin
• Berdiri dengan tangan
• Berdiri dengan dahi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan tanggung jawab






Tes





Tes



Tes




Tes





Tes



Tes

Tes kete - rampilan




Tertulis/lisan



Tes sikap




Tes kete- rampilan




Tertulis/lisan




Tes sikap


Lakukan berdiri dengan satu kaki,melompat dengan satu kaki dan berjalan pada titian

Lembar soal terlampir



Lembar Observ




Lakukan sikap lilin, berdiri dengan tangan, dan dahi



Lembar soal terlampir



Lembar Observ

2x40
menit













2x40
menit


Buku teks, buku refe- rensi, matras






Standar Kompetensi : 4.Mempraktikan senam irama tanpa alat, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

4.1. Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan



4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama, serta nilaii kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesa
Senam Irama Tanpa Alat

























• Melakukan gerak langkah kaki biasa,rapat, keseimbangan,secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan






• Melakukan ayunan satu lengan depan ,belakang dan sam-ping secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan

• Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badansecara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa
• Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat
Melakukan teknik dasar langkah keseimbangan
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan langkah kaki
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan toleransi


Psikomotor
• Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang dan samping

• Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan ayunan satu lengan
Afeksi

• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan tanggung jawab

Tes




Tes


Tes




Tes





Tes




Tes
Tes kete - rampilan



Tertulis/lisan


Tes sikap




Tes kete- rampilan




Tertulis/lisan




Tes sikap
Lakukan gerak langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan,secara
Lembar soal terlampir


Lembar Observ




Lakukan gerak ayunan satu lengan depan, belakang dan samping


Lembar soal terlampir



Lembar Observ






2x40
menit











Buku teks, buku refe- rensi, matras,tape, kaset atau CD



Standar Kompetensi : 5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya dada,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

5.1.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan



5.2.Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan



5.3.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
Renang gaya dada


• Melakukan gerakan kaki renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok







• Melakukan gerakan lengan renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok







• Melakukan gerakan kaki,lengan dan pernafasan secara berpasangan atau kelompok
Psikomotor
• Melakukan gerakan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan gerakan kaki renang gaya dada
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan kebersihan

Psikomotor
• Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan gerakan lengan gaya dada
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan kebersihan

Psikomotor
• Melakukan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya dada

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya dada
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan kebersihan
Tes


Tes




Tes



Tes


Tes



Tes



Tes



Tes




Tes

Tes kete - rampilan

Tertulis/lisan




Tes sikap



Tes kete - rampilan

Tertulis/lisan



Tes sikap



Tes kete - rampilan


Tertulis/lisan




Tes sikap

Lakukan gerakan kaki renang gaya dada

Lembar soal terlampir




Lembar Observ



Lakukan gerakan lengan renang gaya dada
Lembar soal terlampir



Lembar Observ



Lakukan gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya dada
Lembar soal terlampir




Lembar Observ

3x40
menit

Buku teks, buku refe- rensi,kolam renang



Standar Kompetensi: 6. Mempraktikan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya ***)


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

6.1. Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktekkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
6.2.Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa

Pendidikan luar kelas
• Melakukan identifikasi tempat untuk mendirikan tenda perke mahan secara kelompok atau regu













• Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet,iris,memar, dan tusuk secara berpasangan atau kelompo
Psikomotor
• Melakukan identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan


Kognisi
• Mengetahui tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, tanggung jawab dan tenggang rasa





Psikomotor
• Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk

Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, tanggung jawab dan tenggang rasa




Tes






Tes


Tes







Tes




Tes


Tes

Tes kete - rampilan





Tertulis/lisan


Tes sikap







Tes kete - rampilan



Tertulis/lisan


Tes sikap



Lakukan mengidentifikasi lapangan atau tempat mendirikan tenda untuk perkemahan
Lembar soal terlampir

Lembar Observ







Lakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Lembar soal terlampir


Lembar Observ



2x40
menit

Buku teks, buku refe– rensi,perala- tan P3K dan lingkungan

Standar Kompetensi: 7.Menerapkan budaya hidup sehat



Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

7.1.Memahami pola makan sehat













7.2.Memahami perlunya keseimbangan gizi
Kese
hatan
• Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung unsur zat gizi











• Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai deng an kebutuhan tubuh



Psikomotor
• Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung unsur zat gizi


Kognisi
• Mengetahui makanan yang mengan dung unsur zat gizi
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan tanggung jawab


Psikomotor
• Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh
Kognisi
• Mengetahui makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan tanggung jawab









Tes





Tes



Tes



Tes





Tes



Tes

Tes unjuk kerja




Tertulis/lisan



Tes sikap



Tes unjuk kerja




Tertulis/lisan



Tes sikap

Lakukan identifikasi maakanan yang mengandung unsur gizi !

Lembar soal terlampir



Lembar Observ


Lakukan identifikasi maakanan yang
sesuai dengan kebutuhan tubuh


Lembar soal terlampir


Lembar Observ

1x40
menit
Buku teks, buku refe - rensi,ruang boga

0 komentar: