SILABUS
Sekolah : S M P
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang
baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
Sepak Bola
Bola Voli
Bola Basket
• Mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
• Passing atas dan bawah dalam bola volisecara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
• Passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan Psikomotor
• Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk-bentuk mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Melakukan passing atas
• Melakukan passing bawah
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk pasing dalam permainan bolavoli
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Melakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)
• Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk pasing dalam permainan bolabasket
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes keterampilan (un juk kerja)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap.
Tes keteram- pilan (unjuk kerja)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete- rampilan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
Lakukan passing atas dan bawah
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
Lakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
4x40
menit
Buku teks,
Buku refernsi, bolavoli,bola kaki,bolabasket,net,lapangan.
1.2. Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola keci lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
Bulu Tangkis
Soft Ball
Tenis Meja
Tennis
• Memegang raket, pukulan servis danpukulan forehand, berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi
• Menangkap dan melempar bola,berpasangan atau kelom-pok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan percaya diri
• Memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand,berpas angan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama dan toleransi
• Memegang raket dan pukulan forehand, berpasangan atau-kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerja sama
Psikomotor
• Memegang raket untuk servis dan pukulan forehand
• Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk cara memegang
raket untuk servis dan pukulan forehand
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Memgang bat untuk servis dan pukulan forehand
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk servis dan pukulan forehand
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Memegang bet untuk servis dan pukulan forehand
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk memegang bet dan pukulan forehand
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Memegang raket dan pukulan forehand
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk memegang raket dan pukulan forehand
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes keterampi
lan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes keteram pilan (unjuk kerja)
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes keterampi
lan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes keterampi
Lan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan memegang raket, servis, pukulan forehand
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
Lakukan menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir)
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
Lakukan memgang bat untuk servis dan pukulan forehand
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
Lakukan memegang raket, pukulan forehand
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
4x40
menit
Buku teks,
buku refernsi,bulu-tangkis,soft-ball,tenis me-ja,tennis,lap-angan,net,ra-ket,bat,bola,
lapangan
1.3. Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
Lari Jarak Pendek 50M
Lompat Jauh Gaya Jongkok
Tolak Peluru Awalan Menyam- ping
Lempar Cakram Awalan Menyam- ping
• Berlari dengan menekankan pa da gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan telapak kaki
• Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
• Menolak tanpa awalan,posisi di di udara dan mendarat
• Lomba lompat jauh dengan per-aturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya diri dan keberanian
• Posisi awalan, memegang dan
menolak peluru
• Lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi un- tuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan orang lain
• Posisi awalan,memegang dan melempar cakram
• Lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan sikap menjaga keselamatan diri dan orang lain
Psikomotor
• Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan, posisis badan, pendaratan telapak kaki)
• Lomba lari dg peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lari
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar menolak tanpa awalan, di udara dan mendarat
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lompat jauh gaya jongkok
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Melakukan posisi awalan
• Melakukan teknik dasar memegang peluru dan menolak
• Melakukan lomba menolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar tolak peluru
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Melakukan posisi awalan
• Melakukan teknik dasar memegang dan melempar cakram
• Melakukan lomba lempar cakram dengan peratu ran yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lempar cakram
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes keterampi
lan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes keterampi
lan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes keterampi
lan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap.
Tes keterampi
lan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap.
Lakukan tes lari jarak 50 m menekankan pada(gerakan kaki, lengan, posisis badan, pendaratan telapak kaki)
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
Lakukan lompat jauh menekankan pada awalan,posisi di di udara dan mendarat
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
Lakukan tolak peluru awalan menyamping
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
Lakukan lemparcakram awalan menyamping
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
2x40
menit
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,st- art block,pe- luru,cakram, lembing (ya- ng dimodifi – kasi )
1.4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olah raga bela dirianjutan dengan dengan koordinasi baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri **)
Pencak Silat
Karate
Judo
• Melakukan dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah
• Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati lawan
• Melakukan teknik dasar kuda-kuda,dan teknik dasar langkah
• Merangkai teknik dasar kuda kuda dan langkah berpasang- an untuk menanamkan nilai ke- beranian dan menghormati law-an
• Melakukan teknik dasar langkah
dan jatuhan
• Merangkai teknik langkah dan jatuhan untuk menanamkan ni- lai keberanian dan menghormati lawan
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar kuda-kuda
• Melakukan teknik dasar langkah
• Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar kuda-kuda dan langkah
• Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan
• Merangkai teknik dasar langkah dan jatuhan
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar langkah dan jatuhan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes keterampi
lan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete- rampilan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete- rampilan
Tes tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan kuda-ku kuda,langkah, dan gerak rangkai
Lembar soal terlampir
Lembar Observ.
Lakukan teknik dasar kuda- kuda,langkah, dan gerak rangkai
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
Lakukan teknik dasar langkah, jatuhan, dan gerak rakrangkai
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
2x40
Buku teks,
buku refernsi,
lapangan,pe-lindung ba- dan,matras
Standar Kompetensi : 2. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
2.1. Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan day atahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab
2.2. Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru, serta nilai disiplin dan tanggungjawab
Kebugaran Jasmani
• Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penana- man disiplin dan tanggung jawab
• Latihan kekuatan dan daya tahan oto kaki,berpasangan atau kelompok untuk penenaman nilai keberanian dan tanggung jawab
• Latihan lari jarak menengah atau lari 12 menit dan untuk menanamkan nilai disiplin dan tang gung jawab
Psikomotor
• Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki
• Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki lengan, bahu dan dada
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan tanggung jawab
Psikomotor
• Melakukan bentuk latihan kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah atau lari 12 menit
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan daya tahan jantung dan paru-paru
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan tanggung jawab
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes kete- rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete- rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan bentuk latihan kekuatan, daya tahan otot lengan dan kaki
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
Lakukan tes kesegaran jasmani (TKJI)
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
2x40
menit
Buku teks, buku refe-
rensi,matras
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
3.1. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
3.2. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab
Senam Dasar
Senam Dasar
• Berdiri dengan satu kaki,melompat menggunakan satu kaki dan berjalan pada titian dan untuk menanamkan nilai keberanian
• Melakukan sikap lilin,berdiri dengan tangan dan dahi secara berpasangan atau kelompok untuk menanmkan nilai keberanian dan tanggung jawab
Psikomotor
• Berdiri dengan satu kaki dari sikap jongkok
• Melompat menggunakan satu kaki
• Berjalan pada titian yang dipasang melintang (bangku senam)
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan bertumpu pada kaki satu
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan keberanian
Psikomotor
• Melakukan sikap lilin
• Berdiri dengan tangan
• Berdiri dengan dahi
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan tanggung jawab
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes kete - rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete- rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan berdiri dengan satu kaki,melompat dengan satu kaki dan berjalan pada titian
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
Lakukan sikap lilin, berdiri dengan tangan, dan dahi
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
2x40
menit
2x40
menit
Buku teks, buku refe- rensi, matras
Standar Kompetensi : 4.Mempraktikan senam irama tanpa alat, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
4.1. Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama, serta nilaii kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesa
Senam Irama Tanpa Alat
• Melakukan gerak langkah kaki biasa,rapat, keseimbangan,secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan
• Melakukan ayunan satu lengan depan ,belakang dan sam-ping secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan
• Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badansecara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai tolerasni dan keluesan
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa
• Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat
Melakukan teknik dasar langkah keseimbangan
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan langkah kaki
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan toleransi
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang dan samping
• Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan ayunan satu lengan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan tanggung jawab
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes kete - rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete- rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan gerak langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan,secara
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
Lakukan gerak ayunan satu lengan depan, belakang dan samping
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
2x40
menit
Buku teks, buku refe- rensi, matras,tape, kaset atau CD
Standar Kompetensi : 5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya dada,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
5.1.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2.Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
Renang gaya dada
• Melakukan gerakan kaki renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan gerakan lengan renang gaya dada secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan gerakan kaki,lengan dan pernafasan secara berpasangan atau kelompok
Psikomotor
• Melakukan gerakan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan gerakan kaki renang gaya dada
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan kebersihan
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan gerakan lengan gaya dada
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan kebersihan
Psikomotor
• Melakukan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya dada
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk latihan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya dada
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian dan kebersihan
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes kete - rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete - rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete - rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan gerakan kaki renang gaya dada
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
Lakukan gerakan lengan renang gaya dada
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
Lakukan gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya dada
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
3x40
menit
Buku teks, buku refe- rensi,kolam renang
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya ***)
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
6.1. Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktekkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
6.2.Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
Pendidikan luar kelas
• Melakukan identifikasi tempat untuk mendirikan tenda perke mahan secara kelompok atau regu
• Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet,iris,memar, dan tusuk secara berpasangan atau kelompo
Psikomotor
• Melakukan identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan
Kognisi
• Mengetahui tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, tanggung jawab dan tenggang rasa
Psikomotor
• Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, tanggung jawab dan tenggang rasa
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes kete - rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Tes kete - rampilan
Tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan mengidentifikasi lapangan atau tempat mendirikan tenda untuk perkemahan
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
Lakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
2x40
menit
Buku teks, buku refe– rensi,perala- tan P3K dan lingkungan
Standar Kompetensi: 7.Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
7.1.Memahami pola makan sehat
7.2.Memahami perlunya keseimbangan gizi
Kese
hatan
• Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung unsur zat gizi
• Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai deng an kebutuhan tubuh
Psikomotor
• Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung unsur zat gizi
Kognisi
• Mengetahui makanan yang mengan dung unsur zat gizi
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan tanggung jawab
Psikomotor
• Melakukan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh
Kognisi
• Mengetahui makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan tanggung jawab
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes unjuk kerja
Tertulis/lisan
Tes sikap
Tes unjuk kerja
Tertulis/lisan
Tes sikap
Lakukan identifikasi maakanan yang mengandung unsur gizi !
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
Lakukan identifikasi maakanan yang
sesuai dengan kebutuhan tubuh
Lembar soal terlampir
Lembar Observ
1x40
menit
Buku teks, buku refe - rensi,ruang boga
Rabu, 11 November 2009
SILABUS
Diposting oleh D.F. Mirdianto, S.Pd di 21.17
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar