THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 07 Juni 2010

FIBA 33 PERATURAN RESMI PERTANDINGAN

FIBA 33
PERATURAN RESMI PERTANDINGAN

Pertandingan bola basket FIBA 33 akan dimainkan sesuai dengan peraturan yang digariskan di bawah ini. Pertauran Resmi bola basket FIBA berlaku untuk semua situasi pertandingan yang tidak disebutkan dalam peraturan FIBA 33. Tidak perlu dibantah bahwa semangat keolahragaan dan fair play adalah bagian yang tak terpisahkan dalam peraturan FIBA 33.
PASAL 1 LAPANGAN
Pertandingan akan dimainkan di setengah dari lapangan bola basket FIBA yang semestinya.
PASAL 2 TIM
Tiap tim akan terdiri dari maksimum 4 (Empat) pemain [3 pemain di dalam lapangan dan 1 pemain pengganti ] dan 1 (satu) Pelatih.
PASAL 3 WASIT PERTANDINGAN
Petugas pertandingan akan terdiri dari 1 (satu) Referee dibantu oleh 3 (Tiga) petugas meja, yaitu Pencatat angka, Petugas pengatur waktu, dan operator 14 (Empat Belas) detik.
PASAL 4 PERMULAAN PERTANDINGAN
4.1 Kedua tim akan melakukan pemanasan (3 menit) secara bersamaan.
4.2 Pertandingan akan dimulai dengan Jump Ball di garis free-throw. Tim A menghadap keranjang, tim yang tidak mengontrol bola akan berhak atas bola pada situasi Jump ball berikutnya yang berhubungan dengan peraturan arah panah alternating Possesion. Arah panah akan diarahkan kebangku cadangan tim yang berhak atas bola pada kesempatan alternative posesesion berikutnya.
PASAL 5 WAKTU PERMAINAN/ PEMENANG PERTANDINGAN
5.1 Waktu pertandingan normal terdiri dari 3 (tiga) periode dengan masing-masing 5 (lima) menit.
5.2 Tetapi bagaimanapun juga tim yang pertama kali mencetak angka 33 atau lebih akan menjadi pemenang pertandingan jika hal ini terjadi sebelum waktu permainan normal berakhir.
5.3 Jika angkanya seri pada akhir periode terakhir, pertandingan akan dilanjutkan dengan sejumlah periode tambahan yang dibutuhkan dengan waktu 2 (dua) menit untuk tidak seri.
5.4 Akan terdapat waktu jeda selama 1 (satu) menit sebelum tiap periode dan tambahan periode.
5.5 Waktu pertandingan akan dihentikan setelah terjadi bola masuk hanya pada 1 (satu) menit terakhir dari periode terakhir dan periode tambahan. Waktu pertandingan akan dijalankan kembali begitu pemain penyerang menerima bola dimanapun di lapangan.
5.6 Suatu tim akan dinyatakan kalah karena forfeit (33:0) jika 3 (tiga) menit setelah waktu permulaan yang telah dijadwalkan tim tersebut tidak hadir dilapangan permainan dengan 3 (tiga) pemain yang siap untuk bertanding.
PASAL 6 FOUL OLEH PEMAIN/ FOUL OLEH TIM
Seorang pemain yang melakukan 5 (lima) Foul harus meninggalkan pertandingan. Suatu Tim dalam situasi hukuman foul (team foul) ketika tim tersebut telah melakukan 3 (tiga) foul dalam suatu periode.
PASAL 7 PERALATAN 14 (EMPAT BELAS) DETIK
Suatu tim harus melakukan usaha tembakan untuk mencetak angka dalam waktu 14 detik.
PASAL 8 BAGAIMANA BOLA DIMAINKAN
8.1 Setelah tiap tembakan untuk mencetak angka atau free throw terakhir yang berhasil :
• Seorang pemain dari tim yang tidak mencetak angka akan melanjutkan pertandingan dengan mengoper bola dari suatu tempat dibelakang End Line ke teman setimnya dimanapun di lapangan. Tetapi bagaimanapun juga jika tempat tersebut tidak berada dibelakang garis tiga angka, penerima bola harus mengoper/ dribble bola ke suatu tempat di lapangan di belakang garis 3 (tiga) angka.
• Begitu bola berada dibelakang garis 3 (tiga ) angka, minimum 2 (dua) pemain dari tim penyerang (penerima bola/ pendribble dan teman setimnya) harus menyentuh bola sebelum berusaha mencetak angka.
8.2 Setelah tiap tembakan untuk mencetak angka atau free throw yang tidak berhasil :
• Jika tim penyerang mendapatkan kembali (rebound) bola, tim tersebut dapat melanjutkan untuk melakukan usaha mencetak angka tanpa harus mengembalikan bola ke belakang garis 3 (tiga) angka.
• Jika tim bertahan mendapatkan kembali (rebound) bola, tim tersebut harus mengembalikan bola (dengan mengoper atau dribble) di belakang garis 3 (tiga) angka.
• Begitu bola berada di belakang garis 3 (tiga) angka minimum 2 (dua) pemain dari tim penyerang (penerima bola/ pedribble dan teman setimnya) harus menyentuh bola sebelum berusaha mencetak angka.
8.3 Setelah Jump ball pembuka, steal, turnover, dsb :
Jika hal tersebut terjadi di dalam daerah 2 (dua) angka, bola harus dioperkan/ didribble kebelakang garis 3 (tiga) angka. Begitu bola berada di belakang garis 3 (tiga) angka, minimum 2 (dua) pemain dari tim penyerang (penerima/ pendibble dan teman setimnya) harus menyentuh bola sebelum berusaha mencetak angka
8.4 Apabila pemain penyerang pertama yang mendribble/ menerima bola di belakang garis 3 (tiga) angka berusaha mencetak angka, hal tersebut merupakan Violation. Jika dia dikenai foul pada usahanya, hal tersebut merupakan foul tetapi bukan kepada penembak.
8.5 Semua throw in setelah suatu foul (tanpa free throw), pelanggaran, bola keluar lapangan, permulaan periode kedua dan 3 (tiga) dan periode tambahan akan dilakukan dari luar lapangan setinggi (level) bagian atas semua garis 3 (tiga) angka terdekat dengan kejadian. Tempat tersebut akan ditandai di luar lapangan dengan garis 5 cm. Referee akan memberikan bola ke pemain di luar lapangan. Pelempar ke dalam harus mengoper bola ke teman setimnya dimanapun di lapangan dibelakang garis 3 (tiga) angka. Tetapi bagaimanapun juga jika tempat tersebut tidak berada di belakang garis 3 (tiga) angka, penerima bola harus mengoper/ dribble bola ke suatu tempat di lapangan di belakang garis 3 (tiga) angka.
8.6 Melakukan Dunk tidak diizinkan kecuali Ring yang digunakan tahan tekanan.
PASAL 9 PERGATIAN PEMAIN
Pergantian pemain akan dizinkan ketika bola menjafi mati dan waktu pertandingan dihentikan.
PASAL 10 TIME OUT
Tidak terdapat Time out yang diberikan kepada suatu tim kapanpun

Pamekasan, 28 Mei 2010
Disebarkan Untuk Kemajuan Bola Basket


D.F. MIRDIANTO, S.Pd

0 komentar: